Monday 14 September 2015

RAHASIA DAN MANFAAT BUAH BLEWAH


Blewah atau melon air adalah tanaman bersemak yang tumbuh merambat. Kulit blewah berbintil dengan dagingnya berwarna oranye. Dipasaran terdapat beberapa jenis blewah namun yang paling banyak gizinya adalah blewah yang dipanen pada saat musim kemarau. Dilihat dari nilai gizinya, blewah merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik serta mengandung banyak air karena itu sangat disarankan dikonsumsi pada saat bulan puasa untuk memberikan sumbangan cairan dan menyegarkan tubuh.

Kandungan Gizi dan Fitonutrien

Setengah buah blewah mempunyai kandungan gizi 38 mg kalsium, 44 mg fosfor, 1,1 mg zat besi, 33 mg sodium, 682 mg potasium, 9240 IU vitamin A, 1,6 mg niasin, 90 mg vitamin C, 121,69 mg magnesium, 0,03 mg mangan, 0,05 mg tembaga, 0,10 mg seng, 0,003 mg kobalt dan 0,005 mg krom.

Manfaat:
  • Membunuh bakteri dan virus
  • Mencegah penyakit empisema (pembengkakan paru-paru)
  • Mengontrol gula darah dan obesitas
  • Mengobati asam urat dan Rematik
  • Sebagai antioksidan.
Tinjauan Medis

Blewah sangat tinggi kandungan betakaroten, provitamin A, magnesium, mangan, seng dan krom sehingga efektif untuk mengurangi peradangan dan memulihkan kesehatan secara alami terhadap luka pada jaringan mukosa. Jus blewah juga berkhasiat untuk menyembuhkan gangguan saluran cerna seperti mulas karena gula alami dan enzim yang dikandungnya memiliki fungsi absorbsi pada usus. Tidak hanya itu karena kandungan airnya yang tinggi sehingga dapat juga membantu mengatasi sembelit dengan membuat kotoran bergerak dengan mudah di usus. Kandungan provitamin A yang sangat tinggi pada blewah membuat buah ini sangat baik untuk melawan efek negatif bagi perokok aktif maupun perokok pasif yaitu mencegah penyakit pembengkakakn pada paru-paru.
Selain vitamin A, blewah juga kaya vitamin C yang dapat memacu sel darah putih melawan infeksi, membunuh bakteri dan virus serta meregenerasi vitamin E. Vitamin E merupakan antioksidan larut dalam air. Seperti halnya buah-buahan yang lain, blewah kaya gula monsakarida seperti sukrosa dan fruktosa sehingga sangat baik dihidangkan untuk berbuka puasa. Selain itu, kandunga airnya yang sangat gtinggi membuat buah ini dapat mengatasi dehidrasi dan baik untuk penderita gout atau asam urat tinggi.
Buah blewah mempunyai indeks glikemik 65 sehingga digolongkan kedalam kategori sedang. Oleh sebab itu, blewah dapat dikonsumsi siapa saja, termasuk penderita diabetes melitus dan cukup baik untuk obesitas. Sayangnya bila dibandingkan kerabat lainnya, melon maupun semanggka, blewah kurang mendapat perhatian. Blewah baru popular ketika bulan puasa tiba untuk hidanga berbuka puasa, yang juga sering disajika sebgai jus buah.

Dikutip dari Ensiklopedia Jus Buah dan Sayur Untuk Penyembuhan, Dr. Abednego Bangun, S.H., M.H.A.

No comments:

Post a Comment