Thursday 3 September 2015

RAHASIA BUAH NAGA


Dragon fruit atau buah naga masih terbilang buah baru dikenal di Indonesia, belakangan namanya menjadi buah bibir di masyarakat luas. Penampilan buah ini sangat unik dan menarik, ukurannya besar seperti buah mangga dengan warna merah menyala. Kulit buah naga seperti sisik ular besar atau naga tetapi bukan karena itu buah tersebut dikenal sebagai dragon fruit yang rasanya manis segear dan sedikit asam. Ada empat jenis buah naga yang telah dibudidayakan yaitu buah naga daging putih, buah naga daging merah, buah naga daging super merah dan buah naga kulit kuning daging putih.
Secara sederhana buah naga dmakan dalam keadaan segar, yaitu setelah masak dan empuk. Undutk dikonsumsi secara langsung, sebaiknya memilih buah naga yang sudah matang. Mula-mula buah naga dibelah menjadi dua, kemudian bagian daging buahnya yang putih bertaburan biji hitam kecil dapat disendoki dan dimakan.


KANDUNGAN GIZI DAN FITONUTRIEN

Dalam buah naga terdapat 6,3 mg kasium, 0,55 zat besi, 30,2 gr fosfor, 9 mg vitamin C, 0,78 mg vitamin B1, 0.043 mg vitamin B2, 1,297 mg niasin, serta karotenoid, betakaroten dan serat.

MANFAAT
  • Menyembuhkan penyakit rematik dan asam urat.
  • Menyeimbangkan kadar gula darah
  • Mengontrol kadar kolesterol darah
  • Meningkatkan kesehatan mata
  • Melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi
  • Sebagai antikanker dan antioksidan


TINJAUAN MEDIS

Buah naga mengandung serat yang baik bagi kesehatan. Serat buah naga dibutuhkan tubuh untuk menurunkan kadar kolesterol. Didalam saluran pencernaan serat akan mengikat asam empedu (produk akhir kolesterol) dan kemudian dikeluarkan bersama tinja. Dengan demikian semakin tinggi konsumsi serat akan semakin banyak mengikat asam empedu dan lemak yang dikeluarkan tubuh. Selain mencegah kolesterol, kandungan serat pada buah naga juga terkenal sebagai salah satu sumber betakaroten provitamin A yang didalam tubuh akan dirubah menjadi vitamin A yang sangat berguna dalam proses penglihatan, reproproduksi serta proses metabolisme lainnya.
Buah naga merupakan sumber antioksidan yang baik, mencegah radikal bebas dan melindungi dari penyebab kanker. Buah naga sangat baik untuk sistem peredaran darah. Buah naga sangat efektif mengurangi emosi dan menetralkan toksin dalam darah. Selain itu, menurunkan kadar kolestrol, penyeimbang gula darah, menguatkan fungsi ginjal dan tulang serta meningkatkan kerja otak. Vitamin C yang ada didalam buah naga membantu penyembuhan memar dan luka dengan cepat serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sementara kandungan vitamin B2 berperan untuk memperbaiki dan memulihkan hilangnya nafsu makan. Kandungan vitamin B3 dalam buah naga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.
Buah naga juga memiliki kalium, zat besi, protein, kalsium dalam jumlah cukup baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperkuat fungsi tulang serta membantu pembentukan jaringan serta bentuk gigi yang sehat.

Dikutip dari Ensiklopedia Jus Buah dan Sayur Untuk Penyembuhan, Dr. Abednego Bangun, S.H., M.H.A.

No comments:

Post a Comment