Thursday 10 September 2015

RAHASIA DAN MANFAAT BROKOLI


Brokoli termasuk familia Brasica dan dikelompokkan kedalam kubis-kubisan. Brokoli sering dijuluki kubis bunga hijau. Brokoli yang baik berwarna hijau tua atau gelap, hijau keabu-abuan atau keungu-unguan bergantung dari varietasnya. Brokoli tumbuh bergerombol seperti bunga berpenampilan menarik karen bentuknya yang membulat terdiri dari cabang-cabang kecil dan berdaging seolah-olah seperti kumpulan lengan dan tak heran jika brokoli sering digunakan sebgai penghias masakan karena enak dimakan mentah, direbus atau dibuat sop.

Kandungan Gizi dan Fitonutrien

Satu cangkir brokoli terdapat 505,44 mg kalium, 102,89 mg fosfor, 39 mg magnesium, 74,72 mg kalsium, 1,37 mg zat besi, 0,62 mg seng, 123,40 mg vitamin C, 2280,72 IU vitamin A, 155,20 mg vitamin K, 0,09 mg vitamin B1, 0,18 mg, vitamin B2, 0,94 mg vitamin B3, 079 mg vitamin B5, 0,22 mg vitamin B6, 0,75 mg vitamin E, triptofan, asam lemak omega 3, karotenoid, asam folat, senyawa antidote, monoterpene, genstin, glukosinolat, klorofil dan serat.

Manfaat lainnya
  • Mencegah terjadinya kanker esofagus, kanker perut, kanker kolon, kanker prostat dan kanker paru.
  • Memperlancar saluran pencernaan dan mencegah konstipasi
  • Sebagai antioksidan

Tinjauan Medis

Borokoli merupakan sayuran asli Italia, dapat dikonsumsi atau dimakan mentah, direbus atau bahan sup. Agar mendapatkan hasil yang optimal maka brokoli dapat dibuat menjadi jus. Brokoli mengandung vitamin B, vitamin C, asam folat dan betakaroten tinggi. Selain itu, brokoli juga mengandung beberapa mineral seperti kalsium, zat besi, forfor, potasium dan sulfur.
Brokoli sangat baik untuk menurunkan berat badan, serta bermanfaat bagi penderita tekanan darah tinggi dan konstipasi. Brokoli dikenal sebgai sayuran antikanker, hal ini telah terbukti bahwa orang yang mengkonsumsi brokoli, kemungkinan terkena penyakit kanker akan sangat rendah.
Senyawa antidote kanker (indole) dan kareoten juga ikut memberikan kekuatan untuk melawan kanker karena adanya klorofil sehingga sangat potensiial untuk menghambat mutasi sel. Kaum perempuan dianjurkan untuk mengkonsumsi brokoli untuk mencegah kanker payudara dan servic.
Dianjurkan mengkonsumsi 200mljus brokoli setiap malam hari sebelum tidur secara teratur agar mendapak kesehatan yang optimal dan mencegah terjadinya kanker selain itu lebih bijaksana untuk tetap berkonsultasi pada ahlinya atau dengan dokter keluarga.

Dikutip dari Ensiklopedia Jus Buah dan Sayur Untuk Penyembuhan, Dr. Abednego Bangun, S.H., M.H.A.

No comments:

Post a Comment