Thursday 3 September 2015

RAHASIA BAYAM


Tanaman bayam berbentuk perdu atau semak yang sering ditemukan tumbuh ditepi jalan, pekarangan yang tidak terawat, ladang, kebun dan lain sebagainya. Pertumbuhan tanaman bayam ini sangat cepat sehingga dapat dipanen kurang dari satu bulan. Bayam yang baik adalah yang masih segar dan berwarna hijau serta tida terdapat bercak-bercak hitam. Tanaman bayam yang sering digunakan sebagai sayuran adalah bayam cabutan atau bayam sekul. Walaupun ada jenis bayam lainnya yaitu bayam tahunan atau bayam kakap, yang sering digunakan sebagai bubur bayam atau keripik bayam. Bagian yang dapat dimanfaatkan adalah bagian daun dan batang yang masih muda.

KANDUNGAN GIZI DAN FITONUTRIEN

Satu cangkir potongan bayam mengandung 51 mg kalsium, 28 mg fosfor, 1,7 mg zat besi, 35 mg sodium, 259 mg potasium, 4,460 IU vitamin A, 28 mg vitamin C, 3,5 mg biotin, 1,25 mg vitamin E, 44 mg magnesium, 0,42 mg mangan, 0,5 mg aluminium serta karotenoid, asam folat dan klorofil.

MANFAAT
  • Mencegah anemia
  • Menurunkan berat badan
  • Antidiabetes
  • Baik untuk kesehatan pencernaan
  • Menurunkan kolesterol
  • Menurunkan resiko serangan kanker.

TINJAUAN MEDIS

Bayam merupakan sayuran yang kaya klorofil dan karoten termasuk didalamnya betakaroten yang mempunyai sifat antioksidan. Vitamin dan mineral yang terdiri dari asam folat, vitamin K, vitamin A, vitamin B dan vitamin C, sementara mineral yang terdiri dari magnesium, mangan, kalsium, fosfor, besi dan protein. Zat gizi dalam bayam bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan kadar kolesterol darah dan mencegah kurang darah serta gangguan sembelit. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam bayam membantu mencegah dan menghindari penyakit kanker. Bayam mengandung kandungan purin yang tinggi sehingga tidak disarankan pada penderita asam urat. Jadi lebih baik bijaksana bila perlu konsultasikan pada ahlinya atau dokter keluarga anda.

Dikutip dari Ensiklopedia Jus Buah dan Sayur Untuk Penyembuhan, Dr. Abednego Bangun, S.H., M.H.A.

No comments:

Post a Comment