Tuesday 25 August 2015

RAHASIA DAN MANFAAT ASPARAGUS


Pada umumnya tanaman asparagus berwarna hijau, akan tetapi yang tumbuh didalam tanah batangnya berwarna putih. Bagian batang tanaman asparagus ini dimanfaatkan sebagai makanan. Tanaman aspargus secera umum dapat dibedakan dalam dua jenis, yaitu aspargaus berwarna hijau dan putih. Pada asparagus berwarna hijau memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Batang yang muda bisa dimakan mentah sedangkan yang tua harus mengalami proses perebusan atau pemasakan lainnya.

KANDUNGAN GIZI DAN FITONUTRIEN

Sebatang asparagus menghasilkan nutrisi 30 mg kalsium, 84 mg fosfor, 1,4 mg zat besi, 3 mg sodium, 375 mg potasium, 1,220 IU vitamin A, 2 mg niasin, 45 mg vitamin C serta klorofil, glutetin, saponin dan serat.

MANFAAT

  1. Mengurangi keasaman lambung
  2. Mengontrol keseimbangan pH tubuh
  3. Untuk kesehatan hati, ginjal, kulit, ligamen dan tulang
  4. Membersihkan wajah
  5. Mengobati gangguan ginjal
  6. Mengobati tekanan darah tinggi
  7. Mencegah anemia
  8. Memproduksi sel-sel darah merah
  9. Melancarkan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi


TINJAUAN MEDIS

Sayuran asparagus memiliki manfaat karena mengandung berbagai gizi. kandungan asam asparagines pada aparagus membantu merangsang ginjal untuk mengeluarkan sisa metabolisme tubuh. Meningkatkan sirkulasi dan membantu melepaskan deposit lemak dari dinding arteri (plak aterosklerotik).
Asparagus juga baik untuk mengobati jerawat, eksema, gangguan ginjal, prostat dan membantu menurunkan berat badan. Selain itu aspargus memperlancar saluran pencernaan dan mencegah konstipasi, mengurangi keasaman lambung serta mengontrol keseimbangan pH tubuh.

Dikutip dari Ensiklopedia Jus Buah dan Sayur Untuk Penyembuhan, Dr. Abednego Bangun, S.H., M.H.A.

No comments:

Post a Comment