Tuesday 25 August 2015

RAHASIA BUAH ANGGUR


Anggur merupakan buah yang cukup populer di Indonesia, meskipun termasuk buah mahal sehingga hanya bisa dijangkau oleh kalangan menengah ke atas. Umumnya anggur dimakan sebgai buah segar, jus, salad dan ada juga yang dibuat manisan atau minuman anggur. Terdapat beberapa varietas anggur dikenal secara luas, baik impor muapun yang lokal. Beberapa contoh anggur impor antara lain anggur Thomson yang berwarna hijau tanpa biji, anggur Emperor yang berwarna ungu berbiji, anggur Black Corinth berwarna ungu dan Concord berwarna hitam. Sementara contoh anggur lokal yaitu anggur Bali yang berwarna ungu kehitaman.
Anggur mengandung beragam komponen gizi dan senyawa aktif yang bermanfaat bagi kesehata. Untuk mendapatkan manfaat optimal, konsumsi anggur disarankan beserta kulitnya namun cucilah terlebih dahulu dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang melekat pada permukaannya.

KANDUNGAN GIZI DAN FITONUTRIEN

Satu cangkir us anggur mengandung 28 mg kalsium, 30 mg forfor, 0,8 mg zat besi, 5 mg sodium, 293 mg pottasium, sedikit vitamin A, B kompleks, polifenol, asam kafeid, pektin, flavonoid, quercetin, tanin dan serta.

MANFAAT
  1. Mencegah konstipasi
  2. Membantu fungsi ginjal
  3. Membersihkan hati
  4. Mencega kerusakan gigi
  5. Baik untuk pembentukan sel darah
  6. Menurunkan kadar kolestrol
  7. Antivirus dan antikanker

TINJAUAN MEDIS

Senyawa aktif dalam anggur yang bermanfaat untuk kesehatan salah satu dianataranya flavoid. Umumnya semakin gelap warna anggur maka kandungan flavonoid nya pun semakin tinggi. Fungsi utama flavoid adalah sebagai antioksidan kuat, antikanker dan bermanfaat juga untuk mencegah penyakit jantung. Komponen lain dalam anggur yang bermanfaat untuk kesehatan adalah resveratrol, yaitu senyawa goleongan fitoaleksin yang dihasilkan tanaman untuk mempertahan diri dari cekaman lingkungan seperti kondisi musim yang ekstrem dan serangan serangga atau mikro organisme.
Daging buah anggur adalah sumber terbaik zat resveratrol yang terbukti sebagai antioksidan kuat dan dapat mengurangi plak diarteri dan tulang. Kandungan vitamin C pada anggur juga cukup baik, dibutuhkan dalam berbagai proses penting dalam tubuh. Kandungan vitamin B6 pada anggur sangat pentik untuk otak agar dapat berungsi normal, membantu membentuk protein, hormon dan sel darah merah. Sedangkan tiamnina berperan untuk berfungsinya sistem saraf serta merukan antiberi-beri dan anrifaktor neuritik. Kalium pada anggur diketahui bermanfaat mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi serta membersihkan karbondioksida di dalam darah juga memicu kerja otot dan simpul saraf.
Kandungan kalium yang tinggi pada anggur akan memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu memperlancar keseimbangan cairan tubuh sehingga konsumsi anggur membuat tubuh menjadi segar. 
Para ilmuan Perancis juga menemukan bahwa pada anggur merah terdapat acutismissin A yang dapat menghambat enzim yang membantu terbentuknya sel kanker. Kandungan sapontin anggur bermanfaat untuk menghambat dan mencegah penyerapan kolesterol di dalam darah. Anggur juga sangat baik untuk penderita insomnia karena kantdungan zat melatonin berguna untuk membantu mengatur jam biologi tidur manusia. Hormon melatonin akan muncul dimalam hari, sehingga mengantarkan orang untuk tertidur pulas.
Khasiat lain anggur antar lain untuk mengatasi kelelahan dan hipoglikemia karena kandungan gula alaminya yang sangat tinggi, terutama dalam bentuk glukosa dan fruktosa. Anggur juga telah lama dipercaya sebagai aprodisiak (makanan pembangkit gairah seksual). 


Dikutip dari Ensiklopedia Jus Buah dan Sayur Untuk Penyembuhan, Dr. Abednego Bangun, S.H., M.H.A.

No comments:

Post a Comment